Monday, 23 March 2015

simulasi 3 tes potensi akademik (tpa) dan pembahasanyaac

1. GELAP 4. SUBSTANSI
a. kelam a. nyata
b. kilau b. fakta
c. silau c. maksud
d. muram d. inti
e. gerah e. isi

2. PAKAR 5. RESAH
a. ahli a. gulana
b. kompleks b. lekat
c. umum c. gundah
d. khusus d. kendala
e. golongan e. dilema
3. ADAPTASI
a. tetap
b. penyesuaian
c. pilihan
d. perencanaan
e. perubahan
6. STABIL 7. PARSIAL
a. buruk a. internal
b. insidentil b. eksternal
c. kuat c. komunal
d. permanen d. komuniter
e. labil e. konflik
8. PERMANEN 9. VERSUS
a. kuat a. lawan
b. sementara b. mitra
c. komunal c. pengaruh
d. induk d. cegah
e. manual e. ancam
10. PARASIT
a. konfusit
b. inplisit
c. trombosit
d. analis
e. simbiosis
16. 10 12 24 26 52 54 108 …..
a. 112 c. 110 e. 214
b. 216 d. 124
17. 99 96 91 84 75 …..
a. 64 c. 25 e. 66
b. 70 d. 150
18. 3 9 27 81 …..
a. 90 c. 225 e. 100
b. 162 d. 224
19. 100 95 85 70 50 …..
a. 25 c. 75 e. 125
b. 55 d. 100
20. 3 5 9 15 23 333 45 …..
a. 59 c. 68 e. 112
b. 60 d. 90
21. [10 x {1-(-4)}] + [2( 4 625 ) x (-2) : 2
1 ] = …..
a. 5 c. 15 e. 25
b. 10 d. 20
22. Diketahui x3y2 = 144 dan xy = 6. Jika x = y-1 dan y adalah positif, berapakah nilai 2
1 x – 6 ?
a. -25 c. -15 e. -5
b. -20 d. -10
23. [0,5 (5)2] + [2 x 4
1 (5%) ] =
a. 9,225 c. 15,525 e. 22,555
b. 15,525 d. 15,255
24. 2 X = a x 2b dan b = panjang sisi segitiga siku-siku yang luasnya 25 cm2 dengan tinggi 5 cm,
jika 4X = 2b, berapakah nilai a ?
a. 2
1 c. 4
3 e. 4
b. 4
1 d. 2
25. Ahmad membeli sepatu sebanyak 20 pasang dengan harga masing-masing Rp. 35.000,- per
pasang. 20 % dari sepatu tersebut dijual dengan kerugian 10 % dan sisanya dijual dengan
keuntungan 50 %, berapa jumlah uang yang diterima Ahmad dari keseluruhan penjualan
sepatu tersebut ?
a. Rp. 500.000,- c. Rp. 926.000,- e. Rp. 1.000.000,-
b. Rp. 750.000,- d. Rp. 966.000,-
28. Nilai rata-rata dari lima siswa adalah 22. Bila nilai A, B, C dan D masing-masing 20, 25, 15,
dan 20 berapakah nilai E ?
a. 30 c. 17 e. 10
b. 25 d. 15
29. Murid TK. Anak Hebat berpiknik dengan bis, jumlah siswi wanita 2 kali lebih banyak dari
siswa pria, Biaya per siswa adalah Rp. 9.000,- dan jumlah uang terkumpul adalah Rp.
270.000,-, Berapakah jumlah siswa pria yang ikut dalam rekreasi tersebut ?
a. 5 orang c. 10 orang e. 20 orang
b. 7 orang d. 12 orang
30. 20 orang anak mempunyai nilai rata-rata 70, 10 orang anak mempunyai nilai rata-rata 50 dan
40 orang anak mempunyai nilai rata-rata 22,5. Berapakah nilai rata-rata keseluruhan ?
a. 30 c. 35 e. 40
b. 32 d. 37,5
31. Nilai x memenuhi pertidaksamaan ( )
x 2
x 2
3
2 81
27
9 x
1
− > ialah …..
a. x > -12/5 c. x > 4/5 e. x < -4/5
b. x < -12/5 d. x > -4/5
32. Jika P ≠ 0 dan akar-akar persamaan x2 + px + q = 0 adalah p dan q, maka p2 + q2 =
a. 2 c. 4 e. 6
b. 3 d. 5
33. Jumlah 5 buah bilangan yang membentuk barisan aritmatika adalah 75. Jika hasil kali
bilangan terkecil dan terbesar adalah 161, maka selisih dari bilangan terbesar dan terkecil
adalah …..
a. 15 c. 8 e. 30
b. 4 d. 16
34. P, Q dan R memancing ikan, jika hasil Q lebih sedikit dari R, sedangkan jumlah P dan Q
lebih banyak dari pada dua kali R, maka yang terbanyak mendapat iklan adalah …..
a. P dan R c. P e. R
b. P dan Q d. Q
35. Supaya kedua akar persamaan px2 + qx + 1 – p = 0 real dan yang satu kebalikan dari yang
lain, maka haruslah …..
a. q = 0 c. q < 1- atau q > 1 e. ( ) 1
p 1
p =

b. p < 0 atau p > 1 d. q2 – 4p2 – 4 p > 0
36. Himpunan penyelesaian pertidaksamaan || x | + x | ≤ 2 adalah …..
a. {x | 0 ≤ x ≤ 1} c. {x | x ≤ 2} e. {x | x ≥ 0}
b. {x | x ≤ 1} d. {x | x ≤ 0}
37. Pertidaksamaan a3 + 3ab2 > 3a2b + b3 mempunyai sifat …..
a. a dan b positif c. a positif dan b negatif e. a2 > b2
b. a dan b berlawanan tanda d. a > b
26. Jika Suharno berjalan menempuh jarak 4
3 km dalam 15 menit, berapakah kecepatan ratarata
perjalanan Soharno ?
a. 1 km/jam c. 2,5 km/jam e. 3 km/jam
b. 2 km/jam d. 2,27 km/jam
27. Jika x adalah sisi bujur sangkar yang luasnya 100 cm2 dan y = alas segitiga siku-siku yang
luasnya 150 cm2 dengan tinggi 2x, berapakah nilai 2xy ?
a. 100 c. 300 e. 360
b. 225 d. 325
38. Nilai rata-rata ujian matematika dari 39 orang siswa adalah 45. Jika nilai Upik, seorang siswa
lainnya digabungkan dengan kelompok tersebut, maka nilai rata-rata menjadi 46, ini berarti
nilai ujian Upik adalah …..
a. 47 c. 85 e. 92
b. 51 d. 90
39. Penyelesaian persamaan 32x+1 = 9x-2 adalah …..
a. 0 c. 2 e. 4 2
1
b. 4 d. 16
40. Dua buah mobil menempuh jarak 450 km. Kecepatan mobil kedua setiap jamnya 15 km lebih
cepat daripada kecepatan mobil pertama, jika waktu perjalanan mobil kedua 1 jam lebih
pendek dari waktu perjalanan mobil pertama, maka rata-rata kecepatan kedua mobil tersebut
adalah …..
a. 97,5 km/jam c. 87,5 km/jam e. 82,5 km/jam
b. 92,5 km/jam d. 85 km/jam
41. Untuk memproduksi x unit barang perhari diperlukan biaya (x3 - 2000x2 + 3.000.000x)
rupiah. Jika barang itu harus diproduksikan, maka biaya produksi per unit yang rendah
tercapai apabila diproduksi perhari sejumlah …..
a. 1.000 unit c. 2.000 unit e. 4.000 unit
b. 1.500 unit d. 3.000 unit
42. Jika 2x – 3 < 1 dan 2x < -1 maka …..
a. x < 3/2 c. 3/2 < x < 2 e. 3/2 < x < 5/2
b. 1 < x < 2 d. 1 < x < 3/2
43. Empat kelompok siswa yang masing-masing terdiri dari 5,8,10 dan 17 orang menyumbang
korban bencana alam. Rata-rata sumbangan masing-masing kelompok adalah Rp. 4.000,-;
Rp. 2.500,-; Rp. 2.000,- dan Rp. 1.000,- maka rata-rata sumbangan tiap siswa seluruh
kelompok adalah …..
a. Rp. 1.050,- c. Rp. 2.015,- e. Rp. 1.750,-
b. Rp. 1.225,- d. Rp. 2.275,-
44. Jika selisih akar-akar persamaan x2 – nx + 24 = 0 sama dengan lima, maka jumlah akar-akar
persamaan tersebut adalah …..
a. 11 atau -11 c. 8 atau -8 e. 6 atau -6
b. 9 atau -9 d. 7 atau -7
45. Kelas A terdiri dari 35 murid sedangkan kelas B terdiri atas 40 murid. Nilai statistika ratarata
murid kelas B adalah 5 lebih baik rata-rata kelas A. Apabila nilai rata-rata gabungan
kelas A dan B adalah 57 3
2 maka nilai rata-rata statistika untuk kelas A adalah …..
a. 50 c. 60 e. 75
b. 55 d. 65
46. Siswa kelas 3 baru naik ke kelas 4 jika sudah lulus ujian perkalian.
Dani dan Seno adalah siswa kelas 4.
a. Dani dan Seno pasti mampu mengerjakan ujian perkalian
b. Seno tidak lulus ujian perkalian
c. Dani tidak lulus ujian perkalian
d. Dani dan Seno belum tentu mampu mengerjakan ujian perkalian
e. Dani lebih pandai daripada Seno.
47. Susi selalu libur di hari Senin ia menggantikan jadwal rekan kerjanya di hari Minggu.
Santi adalah rekan kerja Susi yang minta digantikan jadwalnya di hari Minggu ini.
a. Susi lembur di hari Senin
b. Susi tidak libur sama sekali minggu depan
c. Susi libur di hari Senin minggu depan
d. Santi tidak libur sama sekali
e. Susi dan Santi tidak libur sama sekali
48. Salah satu syarat diterimanya sebagai PNS adalah lulus dengan tes CPNS.
Soekarno adalah salah satu peserta yang akan mengikuti tes CPNS.
a. Soekarno diterima sebagai PNS
b. Soekarno mampu mengerjakan tes PNS
c. Soekarno belum tentu diterima sebagai PNS
d. Soekarno tidak diterima sebagai PNS
e. Soekarno tidak lulus dalam tes PNS
49. Memancing adalah aktifitas yang pasti dilakukan Badru di hari Minggu
Hari Minggu ini Badru banyak pekerjaan.
a. Hari Minggu Badru tidak memancing
b. Hari Minggu Badru ragu memancing
c. Badru memancing pada hari selain Minggu
d. Badru tidak memancing jika banyak pekerjaan.
e. Hari Minggu ini Badru pergi memancing walaupun banyak pekerjaan
50. Semua warga Desa Suket adalah nelayan.
Pak Imam adalah warga Desa Suket.
a. Pak Imam pasti seorang nelayan
b. Pak Imam bukan seorang nelayan
c. Pak Imam terpaksa menjadi nelayan
d. Pak Imam belum mau menjadi nelayan
e. Pak Imam nelayan dari desa sebelah Desa Suket
51. Dalam pemilihan ketua kelas VI, perolehan suara Ahmad tidak kurang dari Conie dan tidak
lebih dari Eka. Perolehan suara Beta sama dengan Ahmad dan tidak lebih dari Eka. Perolehan
suara Dody tidak lebih dari Beta dan kurang dari Conie. Siapakah yang terpilih sebagai ketua
kelas ?
a. Ahmad
b. Conie
c. Eka
52. Lima orang pedagang Bakso menghitung hasil penjualan dalam satu hari. Pedagang III lebih
banyak menjual dari pada pedagang IV, tetapi tidak melebihi pedagang I. Penjualan
pedagang II sama dengan pedagang IV dan tidak melebihi pedagang III. Pedagang mana
yang hasil penjualannya terbanyak ?
a. Pedagang I
b. Pedagang II
c. Pedagang III
d. Dody
e. Beta
d. Pedagang IV
e. Pedagang II dan IV
53. Dalam acara reuni kampus informatika diadakan acara ramah tamah. Acara sambutan ketua
panitia dilaksanakan sebelum doa. Pertunjukan Band mengambil alokasi waktu paling
banyak. Ketua panitia harus meninggalkan acara sebelum band dimulai. Sedangkan acara
penghargaan guru besar diselenggarakan agar undangan tidak meninggalkan ruangan
sebelum band selesai. Doa dibacakan setelah ramah tamah. Susunan acara reuni kampus
informatika berdasarkan uraian diatas adalah …..
a. penghargaan – band – doa – sambutan – ramah tamah.
b. sambutan – penghargaan – band – ramah tamah – doa
c. sambutan – doa – penghargaan – band – ramah tamah
d. penghargaan – sambutan – band – doa – ramah tamah
e. tidak ada pilihan jawaban yang benar
54. Seorang presenter acara hiburan harus membaca surat yang dikirim pada para pemirsa. Surat
A dibaca menjelang akhir acara. Surat B dibaca lebih dahulu dari surat A tetapi bukan
sebagai surat pembuka. Surat C dan D dibacakan berurutan diantara surat E dan B. Surat
siapakah yang dibaca paling awal ?
a. surat A
b. surat B
c. surat C
55. Farhan menyenangi buku-buku fiksi, Meta penggemar komik dan ensiklopedia. Mayang
membeli segala macam novel dan beberapa kamus. Irvan penggemar biografi. Sedang Sonya
menyukai buku-buku non fiksi. Jika dibuat kelompok pembaca beranggotakan 3 orang,
susunan anggota yang paling sesuai adalah …..
a. Farhan-Sonya-Mayang
b. Meta-Irfan-Sonya
c. Mayang-Sonya-Irfan
56. Jarak antara kamus A dan B adalah dua kali jarak kampus C dan D. Kampus E terletak
ditengah-tengah antara kampus C dan D. selanjutnya diketahui bahwa jarak kampus C ke
kampus A sama dengan jarak kampus D ke B, yaitu setengah dari jarak kampus A ke kampus
E. Kampus yang jaraknya paling jauh adalah ?
a. kampus A
b. kampus B
c. kampus C
57. Suatu keluarga mempunyai empat orang anak yang bergelar sarjana. A memperoleh gelar
sarjana sesudah C, B menjadi sarjana sebelum D dan bersamaan dengan A. Siapakah yang
menjadi sarjana yang paling awal ?
a. A
b. B
c. C
d. surat D
e. surat E
d. Irfan-Meta-Mayang
e. Farhan-Meta-Irfan
d. kampus D
e. kampus E
d. D
e. A dan B
58. Enam mahasiswa duduk berurutan dalam ujian wawancara. Tini tidak bersebelahan dengan
Salim atau Tia. Nila duduk di dekat Tia, Tini duduk di dekat Jufri dan Jufri duduk di sebelah
Nila. Salim tidak ingin di dahului Harto dan Harto bersebelahan dengan Tini. Tia duduk
diurutan terakhir. Siapa yang duduk diurutan ke dua ?
a. Tini
b. Salim
c. Tia
59. Ali lebih cermat dari pada Budi, tapi lebih ceroboh dari pada Deni. Mardi lebih cermat
daripada Deni.
a. Mardi lebih cermat daripada Ali dan Budi
b. Ali yang paling cermat
c. Deni dan Budi sama cerobohnya
d. Budi dan Ali yang paling cepat
e. Ali lebih cermat dari Budi dan Mardi
60. Rita siswa terpandai di kelas VI. Yati kalah pandai daripada Tina, tapi Tina sama pandainya
dengan Tatik, Tatik lebih pandai daripada Yati.
a. Tina lebih pintar dari pada Rita
b. Tatik lebih pandai daripada Yati
c. Rita sama pandainya dengan Yati
d. Tina yang paling pandai bersama Yati
e. Tidak ada pilihan jawaban yang benar.
d. Nila
e. Harto
01. Jawaban : A
02. Jawaban : A
03. Jawaban : B
04. Jawaban : D
05. Jawaban : C
06. Jawaban : E
07. Jawaban : C
08. Jawaban : B
09. Jawaban : B
10. Jawaban : A
11. Jawaban : C
Pembahasan : Seluruh paragraph memaparkan rencana Pemkab Malang membangun
Pabrik semen di Malang Selatan dengan segala permasalahan.
12. Jawaban : B
Pembahasan : Tercantum dalam paragraph ke 5
13. Jawaban : D
Pembahasan : Investor = pihak yang menanamkan modal di bidang usaha di daerah
tertentu.
14. Jawaban : B
Pembahasan : Sudah jelas
15. Jawaban : A
Pembahasan : Produksi = mengolah bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau bahan
jadi.
16. Jawaban : C
Pembahasan : Menggunakan rumus + 2 x 2 + 2 dst …..
17. Jawaban : A
Pembahasan : Menggunakan rumus –3 –5 –7 –9 –11 dst ….. (pengurangan angka ganjil)
18. Jawaban : D
Pembahasan : Rumus x3 x3 x3 x3 dst ……
19. Jawaban : A
Pembahasan : Rumus +2 +4 +6 +8 +10 +12 +14 dst…..(pengurangan kelipatan 5)
20. Jawaban : A
Pembahasan : Rumus +2 +4 +6 +8 +10 +12 +14 dst…..(penambahan angka genap)
21. Jawaban : B
Pembahasan : [10 x 5] + [2 x (5) x (-2) x 2]
= 50 + (10 x (-4))
= 10
22. Jawaban : E
Pembahasan : xy = 6 faktor penguji
x = y – 1 􀃆 y = x + 1 faktor teruji
Jika x = 2 maka y = 2 = 1, y = 3 diuji xy = 6 􀃆 2 x 3 = 6 cocok
Masukkan rumus yang ditanya : 1/2x – 6 􀃆 1/2 (2) – 6 = -5
23. Jawaban : A
Pembahasan : (0,5 x 25) + (2 x ¼ x 5/100)
(5/10 x 25) + (2/1 x 1/4 x 5/100)
(125/10) + (10/400)
disamakan penyebutnya 400 􀃆 (125 x 40/400) + (10/400)
5000/400 + 10/400 dibagi 40/40
= 125,25/10 = 12,525
24. Jawaban : A
Pembahasan : Mencari b : L = 1/2 a x t, t = 5
25 = 1/2 b x 5 􀃆 25 = 5b/2
5b = 25 x 2 = 50
b = 10
Mencari x : 4x = 2b, b = 10
4x = 20
x = 5
Mendapat a : 2x = ax2b
10 = ax20
a = 1/2
25. Jawaban : D
Pembahasan : Jumlah sepatu 20 pasang @ Rp. 35.000,-
- Sepatu yang dijual sejumlah 20% dari 20 dengan harga @ Rp. 35.000 –
(10% x 35.000) 4 pasang @ Rp. 35.000 – 3.500) = 4 x Rp. 31.500,- =
Rp. 126.000,-.
- Sepatu yang dijual untung
(20 – 4 pasang) x @ Rp. (35.000,- + (50% x 35.000)
16 pasang x @ (Rp. 35.000,- + (50% x 35.000))
16 pasang x @ Rp. 52.500,- = Rp. 840.000,-
- Total penjualan Rp. 126.000,- + Rp. 840.000,- = Rp. 966.000,-
26. Jawaban : E
Pembahasan : 3/4 km = 15 menit
Masing-masing kalikan 4 untuk mencapai satuan jam
12/4 km = 60 menit
= 3 km/jam
27. Jawaban : C
Pembahasan : Mencari X : L = x2
100 = x2 berarti X = 10
Mencari Y : L = pxl
150 = 1/2 y x 20
1/2y = 15/5 maka y = 15
Nilai 2xy : 2(10) (15)
: 300
28. Jawaban : A
Pembahasan : (20 + 25 + 15 + 20 + E)/5 = 22
80 + E = 22 x 5
E = 110 – 80
E = 30
29. Jawaban : C
Pembahasan : (w + P) x Rp. 9.000,- = 270.000,-
(2P + p) = 270.000,-/9.000
3P = 30
P = 10
30. Jawaban : D
Pembahasan : {(20 x 70) + (10 x 50) + (40 x 22,5)} / (20 + 10 40)
(1.400 + 500 + 900) / 70
2.800/70 = 40
31. Jawaban : B
Pembahasan : Pertidaksamaan : ( )
x 2
x 2
3
2x 81
27
9
1
− <
2x 8
4x
6x
3
2x 3
3
3 4x
3 8
3
9
1 → − > +

<
Jadi :
4x 6x 24
2x 8
3
4x
− > +
> +

-10 x > 24
x <
10
− 24
x < − 12
5
32. Jawaban : D
Pembahasan : x2 – px + q = 0 berakar p dan q
x1 . x2 =
a
c
􀃆 p.q = q 􀃆 p = 1
x1 . x2 =
a
b
􀃆 p + q = -p 􀃆 q = -2p = -2
Maka p2 + q2 = 1 + (-2)2 = 5
33. Jawaban : D
Pembahasan : (a – 2b) + (a – b) + a (a + b) + (a + 2b) = 75
􀃆 5a = 75
􀃆 a = 15
(a – 2b) (a + 2b) = 161
􀃆 a2 – 4b2 = 161
􀃆 (15)a – 4b2 = 161
􀃆 225 – 4b2 = 161
􀃆 2b2 = 64
􀃆 b2 = 16
􀃆 b = 4
jadi bilangan terbesar 15 – 2.4 = 23
bilangan terkecil 15 – 2.4 = 7
selisih bilangan terbesar dan terkecil 23 – 7 = 16
34. Jawaban : C
Pembahasan : Dari soal diketahui
Q < R ………………………………….(1) dan
P + Q > 2R 􀃆 Q > 2R – P ………….…(2)
Dari (1) dan (2) didapat
R > 2R – P 􀃆 P > 2R – R 􀃆 P > R ……(3)
Dari (1) dan (3) didapat
Q < R < P
Jadi yang paling banyak adalah P
35. Jawaban : C
Pembahasan : px2 + qx + 1 – p = 0
Akar yang satu kebalikan yang lain
Jika p = 1 –p 􀃆 2p = 1 􀃆 p =
2
1
q2 – 4 .
2
1 (1-
2
1 ) > 0
q2 – 2 (
2
1 ) > 0
q2 – 1 > 0
misalkan q2 – 1 = 0
􀃆 q2 = 1
􀃆 q = 1 atau q q = -1
jadi syarat agar persamaan tersebut, keduanya akarnya real dan yang satu
kebalikan dari yang lain q < -1 atau q > 1.
36. Jawaban : B
Pembahasan : | x | + x + ≤ 2
􀃆 -2 ≤ | x | + x dan | x | ≤ 2 – x
􀃆 - (2 + x) ≤ | x | dan | x | ≤ (2 – x)2
􀃆 x ε real dan ( | x |)2 ≤ (2 – x)2
􀃆 x ε real dan x2 ≤ 4 - 2x + x2
􀃆 x ε real dan x ≤ 1
jadi himpunan penyelesaian adalah { x | x ≤ 1)
37. Jawaban : D
Pembahasan : a3 + 3ab2 – 3a2b + b + b3 > 0
􀃆 a3 + 3ab2 – 3a2b + b + b3 > 0
􀃆 (a – b)3 > 0
karena pangkatnya ganjil maka harus dipenuhi
a – b > 0 atau a > b
38. Jawaban : C
Pembahasan : Misalkan nilai Upik adalah n, maka :
46 =
40
39 x 45 + n
1840 = 1755 + n
n = 85
39. Jawaban : E
Pembahasan : 32x + 1 = 9x − 2
32x + 1 = 92x - 4
32x + 1 = 34x – 8
2x + 1 = 4x – 8 􀃆 2x = 9
x = 41/2
40. Jawaban : E
Pembahasan : Misalkan kecepatan mobil pertama = V1 maka kecepatan mobil kedua
adalah :
V2 = V1 + 15
Dan waktu tempuh masing-masing adalah T1 dan T2
T1 = 450/V
T2 = 1
V
450
V 15
450
1 1
= −
+
450 V1 = (450 – V1) (V1 + 15)
450 V1 = 450 V1 + 15.450 – V12 – 15 V1
V12 + 15V1 – 6750 = 0
(V1 + 90) (V1 - 75) = 0
V1 = 75 km/jam
V2 = 90 km/jam
V
= 82,5 km/jam
41. Jawaban : A
Pembahasan : Biaya produksi x unit barang adalah
x.f (x) = x3 – 200 x2 + 3.000.000 x
jadi biaya produksi 1unit barang adalah
F (x) = x2 – 2000x + 3.000.000
Supaya biaya produksi per unit rendah
Maka f (x) = 0
F (x) = 2x – 2000 = 0 􀃆 1000
Biaya produksi minimum jika setiap hari diproduksi 1000 unit
42. Jawaban : D
Pembahasan : 12x – 3 < 11
􀃆 -1 < 2x –3 < 1, tambah semua ruas dengan +3
􀃆 -1 +3 < 2x –3 + 3 < 1 + 3
􀃆 2 < 2x < 4 􀃆 1 < x < 2
karena syarat lainnya harus dipenuhi 2x < 3 atau x < 3/2, maka harga yang
memenuhi kedua pertidaksamaan itu adalah : 1 < x < 3/2.
43. Jawaban : C
Pembahasan : Jumlah siswa (n) = 5 + 8 + 10 + 17 = 40
Rata-rata sumbangan tiap siswa =
40
5.400 + 8.2500 + 10.2000 + 17.1000
= 5.100 + 1/5 . 25000 + 10 . 50 + 17.25
= 500 + 500 + 500 + 425 = 1925
44. Jawaban : A
Pembahasan : Soal tentang persamaan kuadrat
Penyelesaian
Selisih akar-akar persamaan :
x2 – nx + 24 = 0 adalah 5,
misalkan akar-akarnya x1 dan x2, maka :
x1 – x2 = 121 = ± 11
46. Jawaban : A
47. Jawaban : C
48. Jawaban : C
49. Jawaban : C
50. Jawaban : A
51. Jawaban : C
Pembahasan : Dody – Conie – (Ahmad = Beta) – Eka
52. Jawaban : A
Pembahasan : (II = IV) – III – I
53. Jawaban : E
Pembahasan : Sudah jelas
54. Jawaban : E
Pembahasan : E – C – D – B – A
55. Jawaban : E
Pembahasan : Kelompok penggemar fisik : Farhan, Meta, Irfan
Kelompok penggemar non-fiksi : Mayang, Sonya
45. Jawaban : B
Pembahasan : Soal tentang statistika
Penyelesaian :
F2 = 40 dan nilai rata-rata x2 = x1 + 5, jadi
x =
1 2
1 .x1 2.x2
∫ + ∫
∫ + ∫
35 40
35x 40 (x1 5)
3
57 2 1
+
+ +
=
35 40
75x 40 (x1 5)
3
57 2 1
+
+ +
=
x1 = 55
3
8
3
57 2 − =
Jadi rata-rata kelas A adalah x1 = 55
56. Jawaban : D
Pembahasan : Sudah jelas
57. Jawaban : C
Pembahasan : C – (A = B) – D
58. Jawaban : E
Pembahasan : Salim – Harto – Tini – Jupri – Nila – Tia
59. Jawaban : A
Pembahasan : Budi – Ali – Deni – Mardi
60. Jawaban : B
Pembahasan : Yati – (Tina = Tatik) – Rita

Related Posts

simulasi 3 tes potensi akademik (tpa) dan pembahasanyaac
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.